Tentang Kami

Dunia Tanaman adalah situs yang berisikan informasi tentang berbagai jenis tanaman baik itu tanaman obat, tanaman hias dll. Bagi anda yang senang dengan tanaman kami harapkan informasi yang kami...

DUNIA TANAMAN

Tanaman Pangan

Indonesia adalah negara agraris tempat tumbuh berbagai jenis tanaman pangan. Walaupun saat ini banyak sekali tanaman budidaya pertanian yang diekspor namun dulunya Indonesia pernah dikenal sebagai negara swasembada pangan. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya.

Oleh karena itu, sebagian besar tanaman pangan yang ditanam di negara ini adalah padi. Daerah lumbung padi di Indonesia sebagian besar adalah di pulau Jawa, Bali dan Sumatra. Walaupun sebagian besar beras diekspor dari negara lain, namun ketiga pulau inilah yang menyumbang konsumsi beras nasional. Selain padi, makanan pokok lainnya adalah sagu, singkong, jagung serta ubi.

Tanaman pangan yang dapat ditemui sehari-hari dan ditanam di pekarangan rumah adalah sayur mayur dan buah-buahan yang dapat diolah menjadi masakan dan beberapa tanaman dapat dimakan tanpa harus dimasak. Di Jawa Barat, sebagian besar masyarakatnya biasa memakan sayuran mentah yang dijadikan lalapan dan sebagian besar dari sayuran tersebut diambil dari kebun mereka sendiri.

kedelaiMemakan sayuran dari kebun sendiri lebih sehat daripada membeli sayuran di pasar karena sayuran kebun tumbuh secara alami tanpa terkena bahan-bahan yang berbahaya seperti pestisida. Banyak memakan sayuran dan buah sangatlah baik untuk kesehatan. Selain mengandung banyak serat dan vitamin, tanaman juga dapat membuat awet muda, memuluskan kulit serta melunturkan lemak.

Selain kedua jenis tanaman tersebut, jenis tanaman pangan lainnya adalah tanaman yang dapat diolah menjadi makanan lain atau jenis holtikultura. Salah satu contoh jenis tanaman ini adalah kedelai. Kedelai dapat diolah menjadi tempe, tahu, susu dan makanan lainnya. Tanaman holtikultura juga merupakan bagian dari pertanian yang memiliki peranan penting bagi dunia industri di Indonesia.

Tanaman tersebut menjadi bahan baku pokok untuk berbagai produk makanan, baik yang diawetkan/instan atau makanan lainnya. Selain itu, holtikultura juga mendatangkan devisa bagi negara yaitu sebagai komoditas ekspor. Sayangnya dunia pertanian di Indonesia saat ini mengalami kemunduran.

Hal ini disebabkan karena pemerintah tidak menaruh minat serius untuk mengembangkan berbagai bibit tanaman unggul seperti yang difokuskan pada jaman Orde Baru ketika Indonesia terkenal jaya sebagai negara swasembada pangan yang menjadi kiblat percontohan negara-negara lainnya terutama negara tetangga.

Namun, walaupun beberapa bahan makanan pokok dan tanaman holtikultura penting saat ini masih diimpor dari negara lain, kebutuhan tanaman pangan di Indonesia masih mencukupi untuk konsumsi pangan masyarakat Indonesia.

This entry was posted in Tanaman Pangan. Bookmark the permalink.

12 Responses to Tanaman Pangan

  1. adi says:

    sedikit coment ah dari aq. Sharing aja, sebetulnya yang dimaksud tanaman pangan bukan semata-mata tanaman yang dimanfaatkan bagiannya untuk dimakan, tapi lebih kepada tanaman yang diperlakukan sebagai sumber makanan pokok.

    Nah menurut saya tidak tepat memasukkan sayuran dan buah2an kedalam kelompok tanaman pangan. Tanaman2 tersebut masuk dalam kategori tersendiri, yakni tanaman hortikultura, yang diantaranya terdiri atas tanaman sayur, buah dan hias.

  2. Pingback: Tanaman Keji Beling | DUNIA TANAMAN

  3. wahid says:

    tanaman apotik hidup laen yang berguna untuk obt dan yang paling mudah diolah sehingga orang tak perlu pergi ke dokter untuk berobat karena hargany yang cukup mahal? lalu gimana prosesnya untuk pengemasan yang steril yang mudah dan murah agar dapat dijual juga dengan harga yang murah?

  4. Pingback: Tanaman Keji Beling « ANEKAPLANTASIA.cybermediaclips

  5. Pingback: Lembaga Pertanian Profesional Menuju Pertanian yang Maju dan Sejahtera OPINI

  6. Pingback: Alasan Saya Memilih Jurusan Agronomi dan Hortikultura IPB « Naelatur's Blog

  7. naela says:

    trima ksih atas artikel nya yang membantu saya dalam mengerjakan tugas..
    Hidup pertanian Indonesia! : )

  8. naela says:

    terima ksih untuk artikel nya.
    sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas..

  9. Budi jelekong says:

    Makasih atas informasi yang d dapat d wb ini smga bsa bermanfaat bgi saya dan banyak orang.

  10. alzaena says:

    sentra komoditas padi dan palawija adalah padi, jagung, kacang tanah, ubi kayu, ubi jalar, kedelai dan kacang hijau, sedangkan hortikultura itu beda lagi, tidak termasuk ke dalam tanaman pangan :)

  11. Iis sari says:

    haduuhh,,bantu aku donk..!!!!
    gmn xiii cr ngerjain tgasku,,,,,

  12. fery alamsyah says:

    perkembangan tanaman pangan untuk saat ini belum sempurna……….??????/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.