Tentang Kami

Dunia Tanaman adalah situs yang berisikan informasi tentang berbagai jenis tanaman baik itu tanaman obat, tanaman hias dll. Bagi anda yang senang dengan tanaman kami harapkan informasi yang kami...

DUNIA TANAMAN

Seputar Pohon Ara

Siapapun yang terbiasa mengisi teka-teki silang pasti tahu jawaban pertanyaan ‘nama pohon’. Ya, tepat, jawaban yang benar ‘ara’. Pohon ara bernama latin Ficus sp. Famili moraceae. Pohon ara berkerabat dekat dengan beringin. Genus ficus memiliki ciri khas pada bentuk buah yang mirip periuk terbalik. Tinggi pohon ara dapat mencapai 20 meter. Pohon ini berdaun tunggal, berselang-seling. Buah ara ada yang hampir sebesar bola pingpong, agak gepeng. Seluruh bagian pohon dapat mengeluarkan getah yang berwarna putih susu.

Buah ara dapat dimakan. Di hutan-hutan buah ini disukai oleh kera, burung, babi hutan dan kancil. Bila kita memakan buah ara, terasa manis namun agak berbau aneh. Biji buah ara berukuran kecil-kecil dan lunak. Orang tak begitu banyak mengenal potensi buah ini. Padahal kalau kita dapat mengolah buah ini dapat menjadi penganan yang lezat. Potensi olahan buah ara antara lain sebagai manisan. Buah ara bergerombol menempel pada batang dan cabang. Saat masih muda, buah ini berwarna hijau kemudian menjadi kuning atau merah saat masak. Anak-anak jaman dulu mengambil buah ini dijadikan mainan mobil-mobilan sebagai rodanya.

Sedikit orang yang mengetahui manfaat ara. Tetapi tidak bagi seorang environnmentalist dan conservationist. Mereka memandang pohon ara sebagai penyelamat lingkungan. Pohon ara mampu menyediakan pakan yang cukup bagi hewan di dalam hutan. Sifat perakarannya mendukung sebagai penahan erosi. Tajuknya yang selalu hijau dan rindang sepanjang tahun menyumbang iklim mikro yang sejuk sehingga satwa betah berada di dalamnya. Tajuknya yang rindang dapat digunakan sebagai pemecah angin. Pohon ara menyerap gas karbon paling banyak dibandingkan jenis lain.

Berkaca dari pohon mengkudu, untuk menambah nilai ekonomi pohon ara memerlukan banyak riset. Riset ini meliputi potensi buah ara sebagai bahan pangan dan obat-obatan. Farmakolog dapat meneliti bagian-bagian jaringan tanaman yang bersifat fitofarma. Ekonom menggali potensi pasar yang akan disasar. Hasil penelitian ini disebarluaskan oleh pemerintah kepada para pelaku ekonomi. Perusahaan dapat mengemasnya dalam kampanye gerakan hidup sehat. Dengan cara demikian masyarakat baru bisa mengembangkan pohon ara.

Ironis memang keberadaan pohon ara di masyarakat. Ia hanya dibiarkan tumbuh oleh masyarakat dengan liar dan tak terawat. Oleh karena itu, keberadaannya hanya ditemukan di tepi-tepi sungai, kuburan dan lahan yang terabaikan.

This entry was posted in Tanaman Hias and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Seputar Pohon Ara

  1. rita says:

    mohon informasi-nya pak untuk peletarian pohon ara, dan ke wilayah mana pendistribusian bibit-nya..karena di daerah saya banyak sekali terdapat pohon ara..

    thx pak

  2. suryo says:

    Apa betul yg tumbuh didaerah anda merupakan pohon ara.Berapa harga 10 bibit trmasuk ongkos kirim.Apa bisa dikirim gambarnya lebih dulu.
    Suryo
    Perumahan TVRI 12 Dukuh Pakis II Surabaya
    031.5620921 /

  3. nurhadi says:

    trims untuk penjelasan ini semua ini bisa mengetahui tenteng pohon ara

  4. khasanah says:

    gimana sih cara tumbuhan ara memperoleh makanannya ??
    :)

  5. aulia says:

    kok enggak ada tumbuhan ara memperoleh makananya
    :( :( :p :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.