Tentang Kami

Dunia Tanaman adalah situs yang berisikan informasi tentang berbagai jenis tanaman baik itu tanaman obat, tanaman hias dll. Bagi anda yang senang dengan tanaman kami harapkan informasi yang kami...

DUNIA TANAMAN

Perawatan Anthurium

Gelombang cinta (Anthurium jenmanii) memiliki nilai yang tinggi pada daun. Eksotis daun jenmanii membuat rela para kolektor keluar uang banyak untuk mengkoleksi saudara kuping gajah ini. Perawatan anthurium lebih menitikberatkan hasil akhir pada daun. Daun jenmanii yang sehat dicirikan oleh tidak ada bekas gerekan hewan, tampak seperti ada lapisan lilin yang licin, mengkilap, warna daun hijau alami.

Penampilan daun gelombang cinta tidak terlepas dari perawatan anthurium yang benar. Perawatan anthurium meliputi komposisi media yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman, pemupukan yang tepat baik dosis dan waktu pemberian, pencegahan serangan hama penyakit.

Jenmanii membutuhkan cahaya matahari 70-80 persen. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan pemberian shading net atau tempatkan di teras rumah. Kebutuhan cahaya matahari yang seperti ini membuat iklim mikro jadi lembab. Komposisi media yang cocok yaitu cacahan akar pakis, kompos matang, pasir, kerikil untuk bagian dasar. Media tanam harus porous yang memudahkan air keluar dari lubang aerasi. Penggantian media tanam dilakukan oleh hobiis jika akar sudah terlihat penuh.

Pupuk yang diperlukan oleh gelombang cinta yaitu pupuk NPK. Kandungan nitrogen lebih tinggi dibandingkan unsur fosfor dan kalium. Hobiis jenmanii pemula lebih baik memilih pupuk NPK majemuk. Hobiis yang berpengalaman menggunakan pupuk tunggal. Ia sudah mengetahui takaran yang sesuai untuk tiap tahap perkembangan tanaman. Apabila pemberian pupuk tersebut terlihat kurang memuaskan hasilnya, pemberian pupuk daun dapat diberikan pada tanaman. Dosis sesuai dengan petunjuk label. Penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari. Penyemprotan diarahkan ke bawah permukaan daun. Penyemprotan dilakukan dengan cara pengkabutan.

Pencegahan hama penyakit dapat dilakukan oleh hobiis dengan penyemprotan obat kimia. Penyemprotan dapat dilakukan satu minggu sekali. Faungisida berguna pencegahan serangan jamur. Insektisida berguna pencegahan serangan serangga. Hama paling bandel yaitu bekicot dan siput telanjang. Pencegahan dapat dilakukan dengan penaburan garam di sekiling pot tanaman gelombang cinta.

Perawatan anthurium lain yang dapat membuat cantik penampilan daun yaitu peeling daun. Daun jenmanii terlihat mengkilap dengan cara pengolesan susu segar dengan kapas pada permukaan daun. Sapuan harus lembut dan halus agar tidak merusak lapisan epidermis daun.

This entry was posted in Tanaman Hias and tagged . Bookmark the permalink.

7 Responses to Perawatan Anthurium

  1. Hidayat says:

    Anthurium jenmanii adalah tanaman yang indah dan memerlukan perawat cukup extra dan selalu rajin menberi semprotan obat hama karena tumbuhan ini gampang sekali kena Hama

  2. Beberapa daun gelombang cinta punya saya pada menguning, bahkan daun yg masih muda pun menguning. Kelihatannya kena penyakit. Mohon informasi cara pengobatannya. Terimakasih atas bantuanya.

    Salam,
    Hengki

  3. simonnababan says:

    salam damai sejahtera bagi kita semua .Nama saya simonnababan, yang bekerja sebagai guru(Pengawas SMA/SMK Kabupaten Biak Numfor/Papua, merupakan penghobi anthorium. Sya memiliki anthorium (gelcin) yang sudah berumur lebih kurang 8 tahunan. Saya berkeinginan kontak dengan penghobi di tanah air khususnya di Biak/Papua

  4. Hj. Nunung Sumartini says:

    Salam hangat untuk kita semua, saya punya satu pot besar gelombang cinta yang usianya +/- 2 tahun, akhir2 ini saya sedih sekali karena daunnya mendadak kering dan kuning. Apa yang harus saya lakukan? mohon saran agar daun gelombang cinta saya bisa bersinar lagi seperti semula. Terima kasih atas bantuannya.
    Wassalam,
    Hj. Nunung Sumartini

  5. SAlam hijau untuk semua pecinta tanaman….

  6. Om Guantenge says:

    Kira-kira Untuk mencapai ukuran daun 1 meter butuh berapa lama ya .??
    kalo misalkan saya melihara dari anakan .?
    thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.