Tentang Kami

Dunia Tanaman adalah situs yang berisikan informasi tentang berbagai jenis tanaman baik itu tanaman obat, tanaman hias dll. Bagi anda yang senang dengan tanaman kami harapkan informasi yang kami...

DUNIA TANAMAN

Buah Naga Kuning

Buah naga termasuk buah introduksi. Buah ini didatangkan oleh pekebun dari amerika tengah. Budidaya buah naga di Indonesia ditanam oleh pekebun sejak akhir milenium kedua. Dalam istilah bahasa inggris biasa dengan sebutan dragon fruit. Dragon fruit berkerabat dekat dengan kaktus. Warna buahnya antara lain merah, putih, hitam dan kuning. Buah naga kuning diperkenalkan oleh pekebun kepada masyarakat Indonesia belum lama. Di Israel, budidaya buah naga kuning mendominasi areal perkebunan buah naga.

Buah naga kuning bersosok lebih kecil dibandingkan berwarna merah. Rasa buah berkerabat dengan kaktus ini tidak berbeda jauh dengan yang merah. Rasanya manis, berair dan segar. Agroklimat dan lingkungan yang diinginkan oleh tanaman buah naga kuning seperti di habitat aslinya. Lokasi kebun harus memiliki curah hujan rendah, kering, cukup air, elevasi kurang dari 400 meter di atas permukaan laut. Tanaman dragon fruit membutuhkan sinar matahari penuh, temperatur udara hangat. Tanah bertekstur pasir hingga podsolik merah.

Penyerbukan bunga buah naga terjadi pada saat malam hari. Penyerbukan dibantu oleh agen penyerbuk. Agen penyerbuk antara lain kelelawar, ngengat dan tawon. Bunga dragon fruit bermekaran hanya semalam. Pagi harinya, bunga buah naga sudah ditemukan dalam keadaan layu. Seringkali pada tanaman buah naga kuning memiliki rasa yang beragam. Dragon fruit ini didapati oleh pekebun berasa manis, kurang manis dan hambar.

Penyebabnya yaitu pemupukan yang kurang tepat. Saat tanaman sedang berbuah, di dalam jaringan tanaman terjadi pemindahan cadangan karbohidrat. Cadangan karbohidrat menumpuk pada buah. Kandungan sukrosa dan fruktosa yang menyebabkan rasa buah jadi manis. Unsur yang banyak dibutuhkan oleh tanaman pada saat itu yaitu fosfor dan kalium. Kekurangan kedua unsur itu menghambat transpor gula sederhana ini. Akibatnya, buah mengandung gula sederhana yang rendah. Buah berkerabat dekat dengan kaktus ini berasa hambar atau kurang manis.

Hama penyakit mudah menyerang tanaman pada saat musim penghujan tiba. Penyebab utama yaitu tingkat kelembaban yang tinggi. Serangan cendawan dan bakteri dapat memusnahkan tanaman. Penanggulangannya, pekebun membenahi drainase dan aerasi tanah. Selanjutnya pekebun melakukan penyemprotan dengan pestisida dan obat-obatan.

This entry was posted in Tanaman Pangan and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to Buah Naga Kuning

  1. Saung Tani says:

    Mohon maaf, saya mau nanya mengenai bunga buah naga ini. Saya ada masalah sedikit, teman saya nanam buah naga sudah 2 kali berbunga tetapi bunga rontok terus belum pernah berkembang menjadi bakal buah. yang ingin saya tanyakan bagaimana mengantisipasinya supaya bunganya tidak mudah rontok?
    Trima kasih sebelumnya dan Salam Petani Indonesia

  2. lily says:

    halo… bagaimana cara memperoleh bibit buah naga kuning, mohon infonya, thx

  3. aris nugroho says:

    sy dari tim riset abni dan riseter pribadi membuka sharing online untk pertanian buahnaga bs di akses di buah naga comunity atau hub sy di 08563676497

  4. amri says:

    g mana cara mendapatkan bibit buah naga kuning? trim’s

  5. gunawan says:

    dimanakah saya bisa mendapatkan bibit buah naga ini? saya tertarik untuk mencoba menanamkan buah naga jenis ini.. keliatannya enak…

  6. refnaldi says:

    hati hati dengan oang yg mengaku dari team riset ABNI nama Aris Nugroho HP 08563676497. Saya punya pengalaman buruk dengan dia dimana saya membeli buah naga dari dia, uang sudah ditransfer tapi buahnya tidak dikirim sampai saat ini. Hpnya tidak bisa dihubungi, SMS tidak dijawab.Brhati-hatilah sebelum bertransaksi dengan dia.

  7. M.Junaidi says:

    Berapa Harga Bibit Naga Kuning ? Perlu juga di coba. Tks.

  8. putri says:

    saya beli bibit buah naga kuning,dan bibit lainnya di bp. andi 081325922364..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.