Tentang Kami

Dunia Tanaman adalah situs yang berisikan informasi tentang berbagai jenis tanaman baik itu tanaman obat, tanaman hias dll. Bagi anda yang senang dengan tanaman kami harapkan informasi yang kami...

DUNIA TANAMAN

Adenium Sang Mawar Gurun

Adenium merupakan tanaman hias yang sangat terkenal dan disukai banyak orang. Semua bagian dari tanaman ini indah apalagi bunganya. Bunga adenium sangat indah ada yang berwarna merah, pink, putih, dan kuning. Ada juga yang polos maupun yang bercak-bercak, dengan cara penyilangan kini didapatkan corak bunga adenium yang bermacam-macam. Habitat asli adenium adalah di daerah yang kering dan panas yaitu Afrika Selatan, pantai timur Afrika hingga Somalia, gurun Kalahari, serta Jazirah Arab.

Di Indonesia adenium dikenal dengan kamboja jepang, karena ada kemiripan dengan pohon kamboja. Adenium masih satu keluarga dengan kamboja tetapi ada beberapa perbedaan yang mencolok yaitu kromosom adenium ada 22 buah sedangkan pohon kamboja hanya ada 18 buah sehingga kedua tanaman ini tidak dapat disilangkan. Kamboja dapat tumbuh tinggi dan besar sedangkan kamboja jepang bertubuh relatif kecil sehingga cocok dijadikan tanaman hias. Akar adenium dapat membesar seperti umbi dan berkelok-kelok sedangkan akar kamboja tidak seperti itu.

Adenium juga diberi nama dengan mawar gurun karena adenium dapat tumbuh dan berkembang di daerah gurun yang gersang dan tandus. Adenium atau mawar gurun ini sangat menyukai cuaca yang panas dengan sinar matahari penuh, dan ini cocok dengan iklim di Indonesia. Mawar gurun tidak membutuhkan banyak air, jika ada kelebihan air maka akan disimpan di dalam akarnya dan akan digunakan ketika musim kemarau tiba.

Pada musim hujan kamboja jepang akan menggugurkan daun dan bunganya serta memperbesar bonggolnya sebagai tempat menyimpan air. Sedangkan pada musim panas tanaman ini akan tumbuh dengan subur. Daun-daun mulai bermunculan, sementara itu bunga adenium keluar pada akhir musim hujan dan awal musim panas. Kesegaran bunga adenium ini dapat bertahan hingga 6 hari, walaupun tidak disiram dalam waktu cukup lama tanaman ini dapat bertahan hidup. Kini banyak adenium dengan bunga dan daun yang bermacam-macam, para hobbis berusaha untuk selalu menemukan varietas baru. Bahkan akarnya pun mempunyai nilai tersendiri. Semakin besar bonggol maka akan semakin mahal harganya.

This entry was posted in Tanaman Hias and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.